PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PESAN GIZI SEIMBANG  PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurdiyana Author
  • Suaebah Author
  • Iman Jaladri Author

DOI:

https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1046

Abstract

Masalah yang ada pada anak sekolah dasar adalah minimnya pengetahuan tentang gizi seimbang. Pengetahuan seseorang akan mempengaruhi sikap seseorang. Perbaikan pengetahuan dan sikap masyarakat perlu didahului berbagai upaya agar mengarahpada perubahan praktek yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap terhadap pengetahuan dan sikap tentang pesan gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian Quasy-Exsperiment dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah berjumlah 60 responden, 30 perlakuan dan 30 kontrol. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan terhitung dimulai pada bulan Mei – April 2019. Hasil penelitian terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan permainan ular tangga gizi seimbang, dan terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan gizi seimbang pada kelompok perlakuan dan kontrol (p<0,05).

Saran:Media ini dapat dijadikan alat pembelajaran untuk  menambah ilmu  pengetahuan dan sikap pada anak sekolah tentang pesan gizi seimbang. Media ini dapat digunakan sebagai media  pembelajaran kepada anak sekolah dasar untuk menyampaikan pesan gizi seimbang oleh tenaga kesehatan seperti puskesmas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-26

How to Cite

PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PESAN GIZI SEIMBANG  PADA ANAK SEKOLAH DASAR. (2025). Media Gizi Khatulistiwa, 2(1), 66-70. https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1046