EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BERTEMA “ISI PIRINGKU” TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN KESESUAIAN PORSI PADA REMAJA DI SMAN 1 SEGEDONG
DOI:
https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1048Keywords:
Audio Visual, Nutrition Education, Nutritional Knowledge, Content of My Plate, , Appropriateness of PortionsAbstract
Gizi mempunyai peranan besar dalam daur kehidupan. Keadaan gizi yang baik akan meningkatkan kesehatan individu dan gizi yang tidak optimal berhubungan dengan kesehatan yang buruk. Salah satu penyebab timbulnya masalah gizi dan perubahan kebiasaan makan pada remaja adalah pengetahuan gizi yang rendah dan terlihat pada kebiasaan makan yang salah. Penggunaan media audio visual dapat mempertinggi perhatian anak dengan tampilan yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audio visual bertema isi piringku dalam meningkatkan pengetahuan serta kesesuaian porsi pada remaja.Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Segedong, dengan total sampel 35 orang, penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan desain penelitian one group pretest and postest.Berdasarkan hasil analisa data pengetahuan menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh p-value 0,000, menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan gizi. Hasil Analisa data kesesuaian porsi menggunakan uji McNemar diperoleh p-value karbohidrat 0,210 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan, p-value protein hewani 0,815 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan, p-value protein nabati 0,180 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan, p-value sayur 0,012 menunjukkan ada perbedaan yang signifikan, p-value buah 0,219 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan.