PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK GIZI ANEMIA (KOZMIA) BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN ANEMIA DANASUPAN FE REMAJA PUTRI DI DESA DALAM KAUM KABUPATEN SAMBAS
DOI:
https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1073Keywords:
Kata Kunci : Edukasi gizi, media aplikasi Komik Gizi Anemia (Kozmia), pengetahuan gizi, asupan FeAbstract
Remaja putri memiliki risiko sepuluh kali lebih besar untuk menderita anemia dibandingkan dengan remaja putra. Hal ini dikarenakan remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya dan sedang dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kejadian anemia adalah pengetahuan. Dalam memberikan pendidikan gizi bisa dilakukan melalui beberapa media dan metode. Komik Gizi Anemia (Kozmia) merupakan salah satu media aplikasi yang dapat digunakan dalam memberikan edukasi gizi. Desain penelitian Pra Eksperiment dengan rancangan yang digunakan one grup Pre and posttest design yang dilakukan selama sehari pada remaja putri di Desa Dalam Kaum Kabupaten Sambas. Perlakuan berupa pemberian intervensi yang terdapat pada aplikasi sebanyak 4 kali pertemuan dalam sehari. Sebelum dan sesudah intervensi dilakukan wawancara dengan metode food recall 1x24 jam dan pengisian kuesioner pengetahuan. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan yang signifikan pada variable pengetahuan antara sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi (p-value 0,00<0,05) dan ada perbedaan asupan Fe antara sebelum dan sesudah diberi edukasi gizi (p-value 0,00<0,05). Edukasi gizi menggunakan media aplikasi Komik Gizi Anemia (Kozmia) menyebabkan peningkatan pengetahuan dan asupan Fe yang signifikan. Pihak Puskesmas setempat media Komik Gizi Anemia (Kozmia) dapat digunakan sebagai media dalam memberikan informasi mengenai gizi anemia pada remaja di Desa Dalam Kaum.