PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA ANAK USIA SEKOLAH MELALUI MEDIA GAME EDUKASI (KAJIAN LITERATUR)

Authors

  • Wilanada Viyanti Author
  • Ayu Rafiony Author
  • Jurianto Gambir Author

DOI:

https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1029

Keywords:

Game, Sayur, Buah, Anak Sekolah

Abstract

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk mengatur proses dalam tubuh. Apabila konsumsi vitamin dan mineral ini tidak memenuhi kebutuhan tubuh, maka tubuh akan mengalami defisiensi vitamin dan mineral yang dapat mengakibatkan berkurangnya daya tahan tubuh. Dalam meningkatkan konsumsi buah dan sayur dibutuhkan tingkat pengetahuan yang baik pula tentang buah dan sayur. Tingkat pengetahuan yang baik dapat dicapai dengan informasi yang disampaikan melalui media yang menarik sehingga lebih mudah dalam memahami isi informasi tersebut. salah satu dari media tersebut ialah game atau permainan. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game atau permainan edukasi terhadap pengetahuan dan konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah. Menggunakan studi literatur yang dilakukan melalui pencarian jurnal di internet (Google Scholar, Pubmed, crossref) berkaitan dengan judul atau variabel yang diterbirkan dari tahun 2010 hingga 2020. Hasil menunjukkan ada pengaruh media game atau permainan edukasi terhadap pengetahuan dan konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah. Pengaruh tersebut dibuktikan berdasarkan hasil 8 artikel yang dikaji, semua artikel menunjukkan hasil adanya pengaruh dari media game atau permainan edukasi terhadap peningkatan pengetahuan serta konsumsi buah dan sayur anak usia sekolah. Kesimpulan dari kajian literatur ini media game atau permainan edukasi dapat digunakan sebagai alat pendidikan gizi dan kesehatan yang baik dan menarik bagi anak usia sekolah dalam menyampaikan informasi buah dan sayur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA ANAK USIA SEKOLAH MELALUI MEDIA GAME EDUKASI (KAJIAN LITERATUR). (2025). Media Gizi Khatulistiwa, 2(2), 69-75. https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1029