PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI KARTUN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KONSUMSI FAST FOOD PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 31 KOTA PONTIANAK

Authors

  • Kikky indriayani Author
  • Shelly Festilia Agusanty Author
  • Martinus Ginting Author
  • Agnes Rhessa Maharani Author

DOI:

https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1024

Keywords:

Video animasi kartun, Pengetahuan, Konsumsi fast food

Abstract

Latar belakang : Anak sekolah umumnya lebih memilih makan jajanan dari pada makan masakan ibu di rumah. Pola makan yang tidak sehat dan tinggi kalori pada anak sekolah dapat mengakibatkan masalah gizi masalah ini sering dikaitkan dengan pola konsumsi kebiasaan makan dan perilaku baik dirumah maupun di sekolah. Perilaku makan seperti, konsumsi makanan jajanan dan fast food yang tinggi lemak dan tinggi kalori.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi mengunakan media animasi kartun terhadap pengetahuan dan konsumsi makan fast food pada anak sekolah dasar.

Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan pre-exsperiment dengan rancangan one group pretest-posttest.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan penggunaan media video animasi terhadap pengetahuan (p=0,000). Rata-rata skor konsumsi fast food sebelum pemberian media animasi adalah 185.00 sedangkan rata-rata skor konsumsi fast food setelah diberikan media animasi adalah 90.00. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan penggunaan media video animasi terhadap konsumsi fast food (p=0,000). Ada perbedaan pengetahuan gizi, konsumsi fast food sebelum diberikan edukasi gizi media animasi kartun, serta ada peningkatan setelah pemberian video animasi.

Kata Kunci : Video animasi kartun, pengetahuan, konsumsi fast food   

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI KARTUN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KONSUMSI FAST FOOD PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 31 KOTA PONTIANAK. (2024). Media Gizi Khatulistiwa, 1(1), 38-41. https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1024