PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI KARTUN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KONSUMSI FAST FOOD PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 31 KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.2804/mgk.1811.1024Keywords:
Video animasi kartun, Pengetahuan, Konsumsi fast foodAbstract
Latar belakang : Anak sekolah umumnya lebih memilih makan jajanan dari pada makan masakan ibu di rumah. Pola makan yang tidak sehat dan tinggi kalori pada anak sekolah dapat mengakibatkan masalah gizi masalah ini sering dikaitkan dengan pola konsumsi kebiasaan makan dan perilaku baik dirumah maupun di sekolah. Perilaku makan seperti, konsumsi makanan jajanan dan fast food yang tinggi lemak dan tinggi kalori.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi mengunakan media animasi kartun terhadap pengetahuan dan konsumsi makan fast food pada anak sekolah dasar.
Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan pre-exsperiment dengan rancangan one group pretest-posttest.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan penggunaan media video animasi terhadap pengetahuan (p=0,000). Rata-rata skor konsumsi fast food sebelum pemberian media animasi adalah 185.00 sedangkan rata-rata skor konsumsi fast food setelah diberikan media animasi adalah 90.00. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan penggunaan media video animasi terhadap konsumsi fast food (p=0,000). Ada perbedaan pengetahuan gizi, konsumsi fast food sebelum diberikan edukasi gizi media animasi kartun, serta ada peningkatan setelah pemberian video animasi.
Kata Kunci : Video animasi kartun, pengetahuan, konsumsi fast food



