PENGARUH MEDIA VIDEO MOTION GRAPHIC TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN ANEMIA REMAJA PUTRI DI SMPN 6 TELUK KERAMAT
Keywords:
Video Motion Graphic, Remaja Putri, Pengetahuan, AnemiaAbstract
Latar Belakang : Anemia merupakan masalah kesehatan yang signifikan dikalangan remaja putri, terutama di Indonesia. Data Riskesdas (2018) pravelensi anemia pada remaja sebesar 32%. Pengetahuan sangat penting untuk membentuk tindakan seseorang, dan pendidikan merupakan cara efektif untuk meningkatkannya. Salah satu media pendidikan kesehatan yang digunakan adalah video motion graphic.
Tujuan Penelitian : Untuk menganalisis pengaruh edukasi sebelum dan sesudah edukasi melalui media video motion graphic terhadap peningkatan pengetahuan anemia pada remaja putri di SMPN 6 Teluk Keramat, Sambas.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah Pre experimental dengan rancangan “ One Group pretest-postest. Subjek penelitian adalah remaja putri kelas VIII SMPN 6 Teluk Keramat sebanyak 41 responden dipilih menggunakan metode Simple Random Sampling. Data dianalisis menggunakan uji wilxocon karena data tidak normal.
Hasil penelitian : Ada perbedaan signifikan pengetahuan gizi pada remaja putri antara sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi menggunakan media video motion graphic dengan nilai (p= 0,000).